Dosen IPB Sebut 7 Spesies Monyet yang Terdapat di Indonesia, Dapat Punah Akibat Faktor Berikut Ini.

Monyet merupakan hewan manyusui atau mammalia yang berasal dari keluarga primata dan bukan prosimia atau pra-kera seperti lemur, kera dan tarsius. Terdapat 264 jenis monyet yang telah dikenali oleh manusia hingga saat ini. Sepertiga dari total spesies monyet tersebut dapat ditemukan di kawasan Wallacea atau lebih tepatnya di Sulawesi. Menurut dosen Insitut Pertanian Bogor(IPB), Berry Juliandi, mengatakan bahwasanya dari total 23 jenis monyet di dunia. Terdapat 7 jenis monyet yang hanya dapat ditemukan di wilayah Sulawesi. Tujuh spesies tersebut merupakan monyet endemik yang hanya dapat dijumpai di daerah lain itu adalah adalah sebagai berikut.

Dosen IPB Sebut 7 Spesies Monyet yang Terdapat di Indonesia, Dapat Punah Akibat Faktor Berikut Ini

Macaca nigra di Sulawesi Utara, Macaca nigrescens di Sulawesi Utara-Gorontalo, Macaca hecki di Gorontalo-Sulawesi Tengah, Macaca tonkeana di Sulawesi Tengah, dan Kepulauan Togian, Macaca maura di Sulawesi Selatan, Macaca ochreatra di Sulawesi Tenggara dan Macaca Brunnescens di Pulau Muna dan Buton. Akan tetapi, Berry juga menyebutkan adanya ancaman cukup serius yang dapat membuat tujuh spesies monyet tersebut punah. Salah satunya merupakan semakin banyak saja spesies monyet yang melakukan pernikahan terlarang atau hybrid.

Dalam artian perkawinan silang atau hybrid merupakan perkawinan terlarang yang dapat menyebabkan terlahirnya monyet hybrid. Pada umumnya monyet spesies sama akan kawin dengan spesies juga sekarang berbeda yaitu dapat kawin silang. Menurut dosen IPB tersebut juga bahwasanya perkawinan hybrid atau silang akan membuat produksi sperma hewan jenis primata tersebut akan menjadi rendah. Sehingga, membuat monyet endemik Sulawesi tersebut menjadi sulit berkembang biak lantaran mandul, akibatnya pun dapat terancam punah. Sebagai contohnya yakni Macaca tonkeana kawin dengan Macaca nigra atau monyet yaki, samal hal dengan ibarat manusia kawin dengan simpanse yang beda spesies. Ini membuat monyet menjadi mandul sehingga spesies keturunan tidak dapat dijalankan yang membentuk kepunahan.

Dosen IPB Sebut 7 Spesies Monyet yang Terdapat di Indonesia, Dapat Punah Akibat Faktor Berikut Ini

Berry Juliandi juga menyatakan bahwasanya segala bentuk faktor yang menyebabkan adanya primata hybrid ini dapat terbentuk di Sulawesi. Pertama, merupakan faktor alam, Berry menduga bahwa kawin silang atau campur terjadi saat zaman pencairan es terjadi di bumi. Kala itu Kepulauan Sulawesi masih bergabung kemudian terpisah sehingga menyebabkan monyet endemik yang tadinya hidup dengan sesama spesiesnya terpencar. Sulawesi terpisah menjadi beberapa pulau, terdapat beberapa monyet yang terisolasi dengan bukan sesama spesiesnya lantaran volume air meningkat. Akibat setelah bersama dengan spesies monyet lainnya, terbentuklah sistem perkawinan silang atau hybrid.

Kepunahan semakin menjadi-jadi lantaran adanya bentuk aktivitas manusia, seperti ilegal logging serta pembakaran hutan yang menyebabkan habitan fauna monyet Sulawesi semakin tergeser. Hingga mempertemukan dua spesies sehingga menyebabkan sistem perkawinan terlarang terjadi. Dosen dari Insitut Pertanian Bogor juga menambahkan bahwasa apabila tidak dilakukan konservasi serius. Seperti melakukan penegakan terhadap illegal logging, maka hewan-hewan endemik Sulawesi serta kehidupan lainnya akan cepat punah.

Be the first to comment on "Dosen IPB Sebut 7 Spesies Monyet yang Terdapat di Indonesia, Dapat Punah Akibat Faktor Berikut Ini."

Leave a comment

Your email address will not be published.


*