Pemahaman Tentang Perbedaan Monyet dan Kera.

Pemahaman Tentang Perbedaan Monyet dan Kera

Siapa yang tidak mengenal monyet, hewan yang gemar bergelantungan di pohon serta suka dengan buah-buahan ini. Memiliki keberedaann tersebar luas di sebagian besar wilayah di dunia. Di Indonesia sendiri monyet biasanya sering disebut sebagai kera serta sebaliknya. Terdapat 264 jenis monyet di dunia yang telah diketahui oleh manusia. Pada umumnya monyet lebih ramping serta memiliki ekor kecil dibandingkan dengan kera. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat di Indonesia biasanya sering menyebut monyet sebagai kera dan kera sebagai monyet. Padahal kedua jenis hewan ini tidaklah sama, melainkan merupakan dua jenis yang berbeda.

Pemahaman Tentang Perbedaan Monyet dan Kera

Mungkin sebagian besar dari anda akan kebigungan sebab pemikiran pada umumnya monyet dan kera sama saja. Lalu apa sajakah perbedaan di antara kedua hewan ini? kemudian manakah kera dan mana pula yang dinamakan sebagai monyet?. Mungkin anda dapat langsung melihat atau simal artikel dibawah ini, agar dapat mengetahui perbedaan di antara kedua jenis hewan ini. Meskipun bagi beberapa orang tidak terlalu penting, namun untuk dapat menambah suatu ilmu. Akan dapat menambahkan wawasan agar dapat mengetaui segala macam ciptaan yang telah diciptakan Tuhan yang Maha Esa kepada kita manusia.

Monyet dan kera merupakan hewan menyusui atau mammalia dari keluarga primata atau primates. Keluarga primata terdiri dari monyet, kera, lemur, tarsius, hingga manusia. Jenis hewan lemur serta tarsius juga memiliki kemiripan akan tetapi lebih mudah dibedakan. Hal tersebut dikarenakan dari ukuran tubuh serta bentuk fisiknya mempunyai perbedaan besar. Lain lagi dengan monyet dan kera akan lebih susah dibedakan dari bentuk fisik hingga sering salah dalam penyebutan atau saling tertukar penggunaanya. Bagi sebagian besar masyarakat mungkin akan sangat sulit membedakan kedua jenis primata tersebut.

Pemahaman Tentang Perbedaan Monyet dan Kera

Namun, lain lagi dengan ahli atau peneliti mereka akan dapat langsung mengetahuinya. Sebab ya memang karena telah lama meriset serta mengetahui perbedaannya. Untuk sederhanya kedua jenis tersebut dapat dilihat perbedaannya melalui ekornya. Pada umumnya monyet mempunyai ekor ramping serta panjang yang mirip dengan lutung, beruk, kelasi, dan bekantan. Sedangkan kera sebagian besar fakta dan literatur menyebutkan bahwasanya hewan jenis ini tidak mempunyai ekor. Tidak hanya perbedaan dari ekor serta bentuk fisiknya saja.

Kedua jenis mammalia ini juga dapat dilihat perbedaannya melalui pergerakan dan volume otaknya. Pada saat berjalan kera memiliki lengan yang cenderung lebih panjang serta dapat berjalan dengan menggunakan kedua kakinya. Sedangkan monyet biasanya berjalan menggunakan kedua kaki serta tangannya. Kera pun pada umumnya lebih suka hidup di atas pohon, beda dengan monyet yang lebih terkesan terestial yakni hidup dipohon dan di bawah tanah/daratan.

Be the first to comment on "Pemahaman Tentang Perbedaan Monyet dan Kera."

Leave a comment

Your email address will not be published.


*